Rabu, 16 Maret 2011

Manusia Dan Tanggung Jawab (IBD)

TANGGUNG JAWAB KEPALA KELUARGA

Manusia dan Tanggung Jawab


Tanggung jawab yaitu beban psikis yang melandasi pelaksanaan kewajiban dari tugas tertentu. Kesanggupan seseorang terhadap suatu tugas wajib atau kemudian disebut kewajiban, akan berakibat suatu celaan atau menerima akibat jika tidak dilaksanakn

contoh kasus :

didalam keluarga pasti ada seorang kepala keluarga biasanya adalah Ayah , tugas utama ayah dan tanggung jawab ayah adalah mencari nafkah untuk keluarga , seorang ibu bertanggung jawab penuh untuk mengurusi kebutuhan keluarga , sertta mengurus semua anggota keluarga , apabila tanggung jawab2 itu tidak terpenuhi maka akan kacau lah keluarga itu . tidak ada keharmonisan lagi dalam keluarga. Maka disini Tanggung jawab itu sangatlah penting .

Tanggung jawab juga bisa diartikan sebagai kesadaran manusia akan tingkah laku dan perbuatan nya. Kita juga tidak boleh terlalu banyak menuntut hak kita sebelum kita memenuhi semua kewajiban kita.

Didalam tanngung jawab juga pasti adanya pengorbanan dan pengabdian . contoh nya bila kita bekerja dikantor dari pagi sampai malam untukk mencukupi kebutuhan keluarga , kita berarti mengabdi kepada keluarga karena kasih sayang kita kepada keluarga.

Dapat disimpulkan pengabdian adalah perbuatan manusia baik berupa pikiran, pendapat , ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan cinta , kasih sayang , hormat atau suatu ikatan dan semua dilakukan secara ikhlas. Pengabdian pada dasarnya adalah rasa tanggung jawab karena manusia adalaha makhluk ciptaan Tuhan , maka manusia wajib mengabdi dan patuh kepada Tuhan dengan cara menjalankan ibadah dan menjauhi larangan tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar