Rabu, 16 Maret 2011

Manusia Dan Pandangan Hidup (IBD)

AKU DAN CITA - CITAKU


Manusia Dan Pandangan Hidup

Banyak orang yang mengartikan psndangan hidup dan cita-cita itu adalah sama. , tetapi ada pula yang berpendapat bahwa itu berbeda. Perbedaan Cita-Cita dan pandangan hidup contoh nya : Cita-Cita :

  1. Ingin menjadi dokter, insinyur , atau arsitektur
  2. Ingin menjadi orang yang kaya , tidak kekurangan apapun

Sedangkan Pandangan Hidup :

  1. Ingin menjadi orang yang sukses dalam bidang nya
  2. Ingin hidup sejahtera dan penuh kebahagiaan dan cinta kasih

Dari Contoh tersebut kita bias sedikit mebedakan mana yang cita-cita dan mana yang merupakan pandangan hidup.

Semua manusia pasti mempunyai suatu pandangan hidup sendiri – sendiri dan kemungkinan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tak sedikit pula orang yang mempunyai pandangan hidup yang sangat bertentangan dengan pandangan hidup orang yang lainnya, itulah yang sering memicu perdebatan diantara umat manusia dalam kehidupan sehari hari.

kita mungkin belum punya sebentuk pandangan-hidup tertentu yang pasti. Kita masih menjalani hidup secara coba-coba, dengan meraba-raba. Di dalam menjalaninya selama ini, mungkin kita telah tabrak-sana-tabrak-sini, sampai dengan menemukan sebentuk pandangan-hidup yang sesuai dengan kondisi fisiko-mental kita

contoh kasus

kita sejak kecil pasti memiliki cita-cita yang tinggi kan ? misalnya saya ingin menjadi dokter atau pilot . tapi setelah kita beranjak dewasa kita pasti sudah menyadari semua kemampuan yang kita milki. Kita sadar kemampuan kita untuk menjadi dokter atau pilot itu ternnyata tidak sesuai dengan bakat dan kemampuan kita, maka dengan sendirinya kita mencari lagi cita-cita yang peluang nya sangat besar untuk kita wujudkan. Maka sejak muda sekarang kita harus berhati-hati dalam menentukan pilihan hidup jangan sampai kita menyesal dikemudian hari.

Pandangan hdup tidak hanya dimilki orang individu saja , tetapi ada pandangan hidup kelompok,, pandangan hidup organisasi maupun pandangan hidup bangsa. Pandanagn Hidup Bangsa Indoesia adalah Pancasila. Didalam Pancasila tercermin tujuan dan kepribadian bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar